9 am to 6 pm

Monday to Saturday

Jl. Kyai Caringin 12B Cideng

Jakarta Pusat, 10150

(021) 27899526

cs@krproperty.id

Compare Listings

Ini 4 alasan membeli properti di luar negeri

Ini 4 alasan membeli properti di luar negeri

Ingin membeli properti di luar negeri? Jangan tunda lagi. Setidaknya ini adalah 4 alasan membeli properti di luar negeri.

Alasan pertama : Keuntungan selisih kurs

Saat ini nilai tukar USD terhadap rupiah berada tidak jauh-jauh dari Rp 13,500 per 1 USD. Pada saat November 2008, rupiah sempat mencapai titik Rp 8500 per 1 USD. Ini berarti dibanding sekarang  USD sudah menguat sebesar 58% !

Sekalipun fluktuasi nilai tukar tidak terlepas daripada business cycle dalam sebuah ekonomi, tetapi setidaknya coba pikirkan, jikalau dulu lalu anda membeli property di USA dan menjualnya sekarang,maka anda bukan hanya bisa menikmati keuntungan dari kenaikan harga property saja, tetapi juga dari selisih kurs yang sudah mencapai 58% itu.

Dan itu lah salah satu alasan mengapa kita perlu membeli property di luar negeri. For the sake of currency diversity. Menaruh semua investasi property anda di Indonesia berarti menaruh nasib semua investasi anda hanya di satu mata uang, yaitu rupiah.  Dan anda tidak bisa membayangkan, berapa nilai rupiah terhadap US Dollar 5 tahun lagi misalnya.

Alasan kedua : manajemen resiko

Kedua, alasan membeli properti di luar negeri adalah karena return investasi property di satu negara itu umumnya tidak berhubungan dengan return investasi property di negara lain. Jadi anda bisa mengurangi market risk dari portfolio investasi anda. Bayangkan jika terjadi krisis ekonomi atau politik di Indonesia, dan kemudian 30% expatriate ditarik kembali ke negara mereka masing-masing, kepada siapa anda mau menyewakan property anda di Jakarta dengan harga yang anda patok di USD 3000 per bulan?

Alasan ketiga : menumbuhkan kekayaan secara private

Ketiga, alasan membeli properti di luar negeri adalah anda dapat menumbuhkan kekayaan anda secara privately. Setiap negara memiliki penghitungan pajak yang berbeda-beda, dan anda bisa memanfaatkan international property investment sebagai sebuah cara untuk melakukan tax efficient investment. You can grow your wealth privately.

Alasan keempat : bunga pinjaman yang rendah

Terakhir, alasan membeli properti di luar negeri adalah low mortgage rate. Saat ini mortgage rate di UK saat ini sekitar 3.8-4%, US sekitar 3.25-3.75% dan Australia di sekitar 4.7-5%. Ini berarti investasi property di negara tersebut umumnya masih bisa mendapatkan positive spread.

Ini berbeda dengan di Indonesia. 3 tahun lalu, para pemilik apartemen di Jakarta Selatan, bisa dengan senang hati menikmati rental yield sebesar 10-13%. Sekarang, kenyataannya adalah 7-8%. Dengan rental yield sebesar itu, apabila kita mau berinvestasi dengan menggunakan mortgage  maka hasilnya adalah negative spread. Bagaimana tidak negative jikalau suku bunga KPR rata-rata di 12-13% sementara rental yield hanya di 7-8%? Belum lagi dengan PPh Final sewa sebesar 10%.

Info lebih lanjut

Jikalau anda tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang melakukan investasi properti di negara lain, silahkan hubungi kami, dan konsultan kami akan menghubungi anda segera.

img

KR Property Team

KR Property is a fully accredited real estate agency in Jakarta comprises of real estate specialists, marketing professionals, creative designers, and digital advertising experts who work together to deliver our clients best in-class results. Whatever your property needs, we'd like to hear from you. Just drop us email at cs@krproperty.id

Related posts

Tips membeli properti di Australia

Pelajari tips dan cara-cara membeli properti di Australia ini dulu sebelum anda melakukan pembelian.

Continue reading
KR Property Team
by KR Property Team

“Saya nggak butuh-butuh amat untuk jual”

Seringkali ketika kita mengatakan harganya kemahalan, pemilik properti berkata "Saya nggak butuh-butuh amat untuk jual sebenarnya." Bagaimana selanjutnya?

Continue reading
Alvin Alexander
by Alvin Alexander

Apakah saya harus membeli atau menyewa rumah?

Membeli atau menyewa rumah ? Belum tentu membeli. Kita harus menghitung "user costs" membeli rumah dan membandingkannya dengan harga sewa.

Continue reading
KR Property Team
by KR Property Team