9 am to 6 pm

Monday to Saturday

Jl. Kyai Caringin 12B Cideng

Jakarta Pusat, 10150

(021) 27899526

cs@krproperty.id

Compare Listings

Personal Facebook vs Facebook Fan Page, mana yang lebih efektif buat broker?

Personal Facebook vs Facebook Fan Page, mana yang lebih efektif buat broker?

Mana yang lebih efektif, Facebook personal atau fan page?

Sebagai broker anda tentunya ingin memasarkan properti anda melalui sosial media juga, tidak melulu hanya menggunakan portal-portal properti. Mengapa sosial media penting? Karena promosi di sosial media itu memiliki fungsi yang berbeda dengan portal-portal properti. Kalau di portal properti orang mencari karena sudah ada kebutuhannya. Jadi sifatnya adalah pull marketing.

Tetapi di sosial media seperti Facebook itu berbeda. Di Facebook, anda menawarkan konten informasi ke publik, ke teman-teman anda, ke keluarga anda, dan juga ke orang-orang lain yang anda tidak kenal. Dengan harapan setelah mereka membaca hal itu mereka akan tertarik. Jadi orang-orang ini sebelumnya tidak mencari, tetapi andalah yang mempromosikan ke mereka dengan harapan mereka akan tertarik dan menghubungi anda. Inilah yang disebut dengan push marketing.

Nah sekarang ketika anda menyebarkan satu informasi dengan menggunakan Facebook, mana yang lebih efektif, dari Facebook pribadi atau dengan membuat Facebook Fan Page dan beriklan dari sana?

Dari sisi jangkauan ke teman-teman, kolega atau relasi dekat kita

Facebook sebenarnya melarang penggunaan facebook pribadi kita atau yang disebut sebagai Facebook profile untuk kepentingan bisnis. Tapi seringkali kita menggunakan Facebook pribadi untuk memasarkan sesuatu ke teman-teman dan relasi dekat kita. Alasannya sederhana, kalau kita membuat Facebook bisnis atau yang disebut dengan fan page, belum tentu teman-teman ini mau like fan page kita. Jadi fan page kita hanya memiliki jangkauan yang terbatas. Teman atau kolega anda tentu mau menjadi friend anda di Facebook, tetapi belum tentu mereka mau “like” fan page bisnis anda di Facebook.

Jadi personal Facebook adalah cara yang lebih efektif untuk untuk menjangkau teman, kolega, keluarga dan relasi dekat anda di Facebook.

Dari sisi jangkauan ke potential audience

Karena naturnya yang bukan untuk bisnis, Facebook membatasi jumlah teman dalam satu Facebook pribadi itu sampai 5000 orang aja. Artinya jika anda hendak menambah lebih dari 5000 orang teman, maka anda harus membuat profil Facebook yang baru. Tetapi ingat jika Facebook menemukan hal ini maka dia bisa menonaktifkan akun pribadi anda yang lain-lainnya ini. Karena itu melanggar ketentuan dari Facebook Community Standards.

Fan page di sisi lain tidak memiliki batasan jumlah followers. Artinya anda bisa memiliki ribuan, puluhan ribu, ratusan ribu bahkan jutaan followers. Dan cara yang paling efektif untuk mencapai jumlah followers yang banyak, setelah anda sudah mengundang semua teman anda untuk “like” Facebook anda, hanyalah dengan menggunakan Facebook ads. Selama anda ada dananya, anda bisa memiliki jangkauan yang tidak terbatas untuk iklan anda.

Jadi Facebook fan page adalah cara yang lebih efektif untuk mencapai jangkauan audience yang lebih luas.

Dari sisi content atau post yang lebih banyak ditunjukkan oleh Facebook

Nah ini adalah isu yang penting. Ketika anda mem-publish satu konten dari Facebook pribadi dan dari fan page anda (tanpa menggunakan Facebook ads) mana yang akan lebih banyak ditunjukkan oleh Facebook ke audience anda? Jawabannya adalah dari Facebook pribadi. Mark Zuckerberg menegaskannya bulan Januari yang lalu di post pribadinya dengan berkata

“…recently we’ve gotten feedback from our community that public content — posts from businesses, brands and media — is crowding out the personal moments that lead us to connect more with each other….

Based on this, we’re making a major change to how we build Facebook. I’m changing the goal I give our product teams from focusing on helping you find relevant content to helping you have more meaningful social interactions…. 

As we roll this out, you’ll see less public content like posts from businesses, brands, and media….”

Dalam kata lain, konten dari facebook pribadi akan lebih sering ditunjukkan daripada konten dari fan page anda. Jikalau anda ingin menunjukkan konten dari fan page anda ke audience yang lebih luas, anda mau tidak mau harus menggunakan Facebook ads.

Kesimpulan

Mana yang lebih efektif? Jika anda ingin punya jangkauan yang lebih luas bagi konten anda dan uang bukanlah isu maka tentu gunakan Facebook fan page. Jika anda ingin dengan cara organik alias tanpa harus bayar, maka konten dari Facebook pribadi akan memiliki jangkauan yang lebih luas dibanding konten dari Facebook fan page.

Jadi tidak usah repot-repot bikin Facebook fan page.

img

KR Property Team

KR Property is a fully accredited real estate agency in Jakarta comprises of real estate specialists, marketing professionals, creative designers, and digital advertising experts who work together to deliver our clients best in-class results. Whatever your property needs, we'd like to hear from you. Just drop us email at cs@krproperty.id

Related posts

Digital Marketing KR Property

Lihat video bagaimana setiap hari KR Property mendatangkan puluhan telpon calon pembeli atau penyewa ke para agennya dari listing yang dititipkan oleh para pemilik ke KR Property.

Continue reading
KR Property Team
by KR Property Team